Total Pageviews

Breaking News
Loading...
30/01/2015

UIN JAKARTA , UI Dan GUNADARMA Universitas Terakreditasi A di Jakarta

16:12
Akreditasi atau pentauliahan adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta.Salah satu contoh akreditasi adalah akreditasi pada metode tes laboratorium dan sertifikasi spesialis yang diperbolehkan mengeluarkan sertifikat resmi suatu yang telah memiliki standar.

Berdasarkan Undang-Undang nomor 22 tahun 1961, di Indonesia, akreditasi diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Hasilnya berupa tiga tingkatan status, yaitu terdaftar, diakui, dan disamakan

Seberapa Penting Akreditasi itu?
Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu untuk masyarakat umum, akreditasi juga bisa menjadi alat untuk mengukur kesiapan suatu PT untuk melakukan proses pendidikan.
Tapi sayangnya saat ini masih banyak PT yang belum terakreditasi, termasuk beberapa PT negeri. Walaupun demikian jumlah PT swasta yang belum terakreditasi jauh lebih banyak daripada PT negeri.

Salah satu alasannya adalah banyak PT swasta yang sudah keburu tutup karena memiliki jumlah mahasiswa yang sedikit. Bahkan menurut Prof. Abdul Hakim, Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) IV Jawa Barat dan Banten, banyak PT swasta yang tahun ini menerima mahasiswa tetapi tahun depan tidak.

Di lapangan ternyata dalam melakukan persiapan akreditasi, banyak ditemukan PT yang meminjam dosen dari luar, belum lagi yang melakukan persiapan asal-asalan karena tanpa akreditasi mereka sudah merasa cukup diminati, demikian pendapat Prof. Said Hamid Hasan, pakar pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Apa saja yang dinilai?
Penilaian akreditasi meliputi:

    Kurikulum dari setiap program pendidikan
    Jumlah tenaga pendidik
    Keadaan mahasiswa
    Kordinasi pelaksanaan pendidikan, termasuk persiapan sarana dan prasarana
    Kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan dan rumah tangga dari perguruan tinggi.

Melihat point yang akreditasi, tentunya membuat setiap PT tidak sembarang menyiapkan suatu prodi. Kesiapan dari kurikulum maupun tenaga pengajar serta tenanga pembantu non akademik juga diperhatikan. Belum lagi kesiapan secara administrasi yang sangat penting untuk berjalannya suatu organisasi.

Apakah penting?

Melihat tujuan dan cara penilaian, tentu saja akreditasi adalah penting (baca: sangat penting). Akreditasi adalah suatu bentuk standardisasi. Dalam rekayasa teknologi, penggunaan standard yang sama memungkinkan semua elemen yang berbeda bisa di integrasikan. Sebagai contoh misalnya saja ukuran ban mobil. Dengan adanya standard yang sama, berbagai perusahaan berbeda bisa membuat versi ban mobilnya sendiri, tapi tetap bisa dipasangkan ke suatu mobil.
Standardisasi pendidikan sangat penting bila kita menginginkan pendidikan kita maju. Dengan standard yang sama, maka lulusan sarjana teknik dari PT A, akan relatif sejajar dengan sarjana teknik dari PT B.

Tapi apakah mudah dalam implementasinya? Tentunya tidak. Suatu PT wajib berusaha mempersiapkan jumlah dosen tetapnya. Hal ini menjadi masalah yang cukup berat untuk PT swasta yang masih baru, dan akhirnya banyak yang meminjam dosen dari luar. Hal ini akan menjadi masalah ketika masa akreditas berakhir. Berakhirnya masa akreditas mengharuskan suatu Prodi mempersiapkan kembali persyaratan untuk mendapatkan akreditas, dan bukan tidak mungkin akreditasi yang semula A menjadi turun. Dan dari 11267 program studi saat ini tercatat 2684 program studi harus kembali di akreditasi.

Jadi akreditasi ini penting untuk menjaga mutu. Program Studi yang tidak bisa menjaga kestabilan mutunya akan ‘jatuh’. Dan akhirnya masyarakatlah yang akan di untungkan. Tapi hingga saat ini masih ada nada miring tentang akreditasi ini, terutama protes dari pihak yang turun nilai akreditasinya. Jika memang mutu selalu terjaga maka seharusnya nilai akreditasi tidak turun. Bila dengan standard yang sama, tapi telah terjadi penurunan, pastilah ada yang salah.
Saat ini Universitas yang terakrteditasi A ada dibawah ini dan ada Tiga Universitas di Jakarta yang terakreditasi A antara lain:
  • UIN Jakarta
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Indonesia

INFO BIMBINGAN TEST MASUK UIN JAKARTA KLIK DISINI
#bimtest #bimbingantestmasukUINJakarta #UIN Jakarta #UINSyarifHidayatullah

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer